Pages

Senin, 09 Mei 2011
Haiii........tmend-tmend...???
akk. elIf dri Siboy klZ viii Dhe.
akk. punya Lgu bwT kLian nichh......
lo' kLian suka tnggL download di sini

0. Ungu - Dirimu satu (CD Rip-Clean) (1000 Kisah satu hati).mp3
Minggu, 01 Mei 2011

SMPN 1 BOYOLANGU

SMPN 1 Boyolangu adalah sekolahku saat ini.Aku sangat bangga dengan sekolahku ini,karena saat ini sudah menyandang status sebagai sekolah ADIWIYATA tingkat Nasional.Sekolah kami memperoleh status tersebut karena sekolah kami sangat mengutamakan kepentingan flora di sekitar kita.Lingkungan kami terdapat berbagai macam tumbuhan yang hijau nan asri.


Saya disini menjadi salah satu siswa di kelas plus yaitu kelas 8d.


untuk mengetahui info mengenai saya klik

KELAS PLUS KELAS FAVORITKU.doc
Senin, 11 April 2011

Dirimoe sTu

i will always love you kekasihku
dalam hidupku hanya dirimu satu
i will always need you cintaku
selamanya takkan pernah terganti

ku mau menjadi yang terakhir untukmu
ku mau menjadi mimpi indahmu

cintai aku dengan hatimu
seperti aku mencintaimu
sayangi aku dengan kasihmu
seperti aku menyayangimu
i will be the last for you
and you will be the last for me
i will always love you kekasihku
dalam hidupku hanya dirimu satu

ku mau menjadi yang terakhir untukmu
ku mau menjadi mimpi indahmu

cintai aku dengan hatimu
seperti aku mencintaimu
sayangi aku dengan kasihmu
seperti aku menyayangimu
i will be the last for you
and you will be the last for me
i will be the last for you
and you will be the last for me
Minggu, 27 Februari 2011

LIRIK LAGU

Vierra – Takut

Ku tahu kamu bosan ku tahu kamu jenuh
Ku tahu kamu tak tahan lagi
Ini semua salahku ini semua sebabku
Ku tahu kamu tak tahan lagi

Jangan sedih jangan sedih aku pasti setia
Aku takut kamu pergi
Kamu hilang kamu sakit
Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya

Jangan takut jangan sedih aku pasti setia
Aku takut kamu pergi
Kamu hilang kamu sakit
Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya
Aku ingin kau di sini
Di sampingku selamanya

Aku takut jangan takut kamu pergi takkan pergi
Kamu hilang wooo kamu sakit
Aku ingin aku juga kau di sini bersamamu
Di sampingku di sampingmu selamanya

PRANATA KELUARGA

pranata keluarga

BAB I
PENDAHULUAN
Pembahasan mengenai peranan keluarga di dalam lingkungan sosial dan dilakukan dengan mempergunakan sosiologi dan ilmu hukum sebagai sarana pendekatan. Artinya untuk menjelaskan masalah itu akan dipergunakan konsep-konsep dasar yang lazim dipergunakan dalam sosiologi dan ilmu hukum.
Pendekatan secara sosiologi bertitik tolak pada pandangan bahwa manusia pribadi senantiasa mempunyai kecenderungan untuk hidup bersama dengan sesamanya. Oleh karena itu pendekatan sosiologi bertitik tolak pada proses interaksi sosial yang merupakan hubungan saling pengaruh mempengaruhi antara pribadi-pribadi, kelompok-kelompok maupun pribadi dengan kelompok.
Dari kehidupan berinteraksi ini muncul kehidupan berkelompok antara orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama. kelompok hasil karya cipta dan rasa yang didasarkan pada karsa. Kebudayaan menimbulkan lembaga-lembaga sosial yang merupakan kesatuan kaidah-kaidah dari segala tingkatan yang berkisar pada satu atau beberapa kebutuhan pokok.
Selanjutnya akan timbul lapisan-lapisan dalam masyarakat yang merupakan pencerminan adanya perbedaan kedudukan dan peranan. Gejala itu menjadi landasan tumbuhnya kekuatan dan wewenang.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pranata Keluarga
Pranata keluarga merupakan sistem norma dan tata cara yang diterima untuk menyelesaikan beberapa tugas penting. Keluarga berperan membina anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya di mana ia berada. Bila semua anggota sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tinggal maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang, aman dan tenteram.
Keluarga adalah lembaga sosial dasar darimana semua lembaga atau pranata sosialnya berkembang. Di masyarakat manapun di dunia, keluarga merupakan kebutuhan manusia yang universal dan menjadi pusat terpenting dari kegiatan dalam kehidupan individu. Keluarga dapat digolongkan ke dalam kelompok penting, selain karena para anggotanya saling mengadakan kontak langsung juga karena adanya keintiman dari para anggotanya.
Menurut Hotton dan Hunt (1987), istilah keluarga umumnya digunakan untuk menunjuk beberapa pengertian sebagai berikut:
  1. Suatu kelompok yang memiliki nenek moyang yang sama
  2. Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah dan perkawinan
  3. Pasangan perkawinan dengan atau tanpa anak
  4. Pasangan yang nikah dan mempunyai anak
  5. Satu orang atau entah duda atau janda – dengan beberapa anak
B. Pranata Sosial Keluarga Inti
Seperti lembaga sosial lain, pranata keluarga adalah suatu sistem norma dan tata cara yang diterima untuk menyelesaikan sejumlah tugas penting. Beberapa pranata sosial dasar yang berhubungan dengan keluarga inti (nuclear family) adalah sebagai berikut:
1. Pranata Kencan (Dating)
Kencan merupakan perjanjian sosial yang secara kebetulan dilakukan oleh dua orang individu yang berlainan jenis seksnya untuk mendapatkan kesenangan. Pada umumnya kencan ini mengawali suatu perkawinan dalam keluarga. Jadi fungsi kencan yang sebenarnya adalah supaya kedua belah pihak saling kenal-mengenal, selain itu juga memberi kesimpulan pada kedua belah pihak untuk menyelidiki kepribadian dari mereka masing-masing sebelum mereka berdua mengikatkan diri pada suatu perkawinan. Sistem ini diikuti oleh semua keluarga di dunia.
2. Pranata pemenangan (courtship)
Kencan merupakan langkah pertama dalam rangkaian untuk menetapkan peranan utama keluarga. Apabila kencan sudah mantap, maka dapat dilanjutkan dengan peminangan. Jadi, pemenangan merupakan kelanjutan dari kencan dan diartikan sebagai pergaulan yang tertutup dari dua individu yang bertujuan untuk kawin.
Selama taraf peminangan, mereka dapat memperbandingkan dengan teliti mengenai cita-citanya. Jadi fungsi peminangan adalah menguji kesejajaran pasangan dalam segala hal seperti yang telah disebutkan di atas, dan ujian ini diharapkan tidak mengancam perkawinan yang akan datang.
3. Pranata Pertunangan (mate – selection)
Antara peminangan dan perkawinan dikenal adanya lembaga pertunangan. Lembaga pertunangan dapat diartikan sebagai perkenalan secara formal antara dua orang individu yang berniat akan kawin dan diumumkan secara resmi. Jadi, perhitungan merupakan kelanjutan daripada peminangan sebelum terjadi perkawinan.
4. Pranatan Perkawinan (Marriage)
Pranata terakhir yang berhubungan dengan keluarga inti, yaitu perkawinan. Artinya sesungguhnya dari perkawinan adalah penerimaan status baru, dengan sederetan hak dan kewajiban yang baru, serta pengakuan akan status baru oleh orang lain. Perkawinan merupakan persatuan dari dua atau lebih individu yang berlainan jenis seks dengan persetujuan masyarakat. Seperti dikatakan Horton dan Hunt, perkawinan adalah pola sosial yang disetujui dengan cara mana dua orang atau lebih membentuk keluarga. (Horton dan Hunt, 1987: 270). Dan dalam perkawinan mempunyai fungsi-fungsi.
C. Fungsi Keluarga
1. Fungsi reproduksi
Salah satu tujuan sepasang suami – isteri untuk membangun sebuah keluarga ialah untuk memperoleh keturunan. Mereka ingin agar insan lain yang melanjutkan generasinya. Ada yang cemas apabila dalam perkawinan ternyata mereka tidak mendapatkan anak. Ada yang kecewa apabila anak mereka cacat. Ada yang bangga karena mereka mempunyai anak seperti yang mereka harapkan. Meskipun ada pengecualian di sana-sini, bagaimanapun anak tetap merupakan buah cinta kasih berdua. Anak adalah dambaan pasangan yang baru saja menapaki jenjang pernikahan.
2. Fungsi sosialisasi
Sosialisasi adalah suatu proses di mana seseorang mengalami secara perlahan-lahan kehidupan bersama orang lain. Di dalam keluarga, anak diajak dan diberitahu bagaimana harus hidup bersama dengan orang lain, diajak dan diberitahu bagaimana anak harus hadir dalam kehidupan yang luas di kalangan masyarakat. Dalam keluarga, kita diajari bagaimana menyapa orang lain dengan sebutan ibu guru, bapak guru, dan lain-lain.
Dari keluargalah kita belajar mengenal ada sopan santun yang harus dipakai di tengah-tengah kehidupan bersama. Dengan demikian, anak yang lahir dari sebuah keluarga mengetahui bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Dalam interaksi, anak diajak mempelajari status dan peranan masing-masing anggota. Ayah, ibu, kakak dan adik, dan mereka mempunyai peranan yang berbeda. Dengan demikian, secara perlahan-lahan anak ditatapkan pada kehidupan nyata yang ada di masyarakat yang kompleks dengan status dan peranan.
3. Fungsi afeksi
Setiap insan diciptakan untuk hidup bersama orang lain. Ia tidak akan mampu hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan rasa kasih sayang atau rasa cinta (afeksi). Di dalam keluargalah untuk pertama kalinya seorang anak mendapatkan rasa dicintai. Ia merasa memiliki seorang ibu yang sayang kepadanya dengan penuh perhatian memberi apa yang dimintanya, dengan ketulusan memberikan apa yang terbaik buat anaknya.
4. Fungsi penentu kedudukan atau status
Setiap orang memiliki status atau kedudukannya sendiri di dalam masyarakat. Bagi orang yang berpendapat bahwa status itu bisa didapatkan karena keturunan (ascribed status) kedudukan itu diwariskan secara turun temurun. Seorang anak yang lahir dari kalangan bangsawan dengan sendirinya ia akan mempunyai status bangsawan. Tetapi tidak mengurangi kemungkinan bahkan dalam kehidupan kolonial sekalipun adanya status yang diperolehnya menurut kemampuan dan prestasi pribadi. Status seperti ini tidak dapat diwariskan.
5. Fungsi perlindungan
Fungsi ini adalah melindungi seluruh anggota dari berbagai bahaya yang dialami oleh suatu keluarga. Perlindungan yang diberikan tidak hanya perlindungan fisik saja, melainkan juga secara psikis. Tidak hanya dari panas dan hujan tetapi dari suasana.
6. Fungsi ekonomi
Keluarga merupakan satu kesatuan yang bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup keluarga tersebut. Bagi umumnya keluarga, ayah merupakan kepala rumah tangga yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan material, walaupun anggota keluarga lain (ibu dan anak-anak yang sudah dewasa) juga bekerja.
D. Masalah Sosial dalam Keluarga
1. Masalah broken home
Jika keluarga tidak dapat menjaga keutuhannya, maka keluarga yang bersangkutan akan mengalami apa yang dinamakan broken home. Yang dimaksud keutuhan keluarga, yaitu keutuhan struktur dalam keluarga di mana dalam keluarga, di samping adanya seorang ayah, juga adanya seorang ibu beserta anak-anaknya. Selain itu adanya keharmonisan dalam keluarga di mana di antara anggota keluarga itu saling bertemu muka dan berinteraksi satu sama lainnya.
Dalam keluarga yang broken home, di mana sering terjadi percekcokan di antara orang tua dan saling bermusuhan disertai tindakan-tindakan yang agresif, maka dengan sendirinya keluarga yang bersangkutan akan mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsi-fungsi keluarga yang sebenarnya.
2. Perceraian
Seperti diketahui bahwa putusnya satu perkawinan disebabkan karena salah satu meninggal dunia atau perceraian. Perceraian sangat berat akibatnya, misalnya sosialisasi anak, pembagian harta warisan, pencari nafkah, dan lain-lain.
Dengan akibat-akibat ini meskipun perceraian diperbolehkan maka bukan berarti bahwa masyarakat menyenangi adanya perceraian. Oleh karena itu kemudian perceraian ini diatur oleh Undang-Undang Hukum Perdata.
3. Disorganisasi keluarga
Disorganisasi keluarga dapat diartikan sebagai perpecahan dalam keluarga sebagai suatu unit, oleh karena anggota-anggota keluarga tersebut gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosialnya.
Disorganisasi keluarga mungkin terjadi pada masyarakat-masyarakat sederhana, oleh karena umpamanya seorang suami sebagai kepala keluarga gagal dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer keluarganya atau mungkin karena dia mengambil seorang isteri lagi. Pada umumnya problema-problema tersebut disebabkan karena kesulitan-kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan kebudayaan. Disorganisasi karena perceraian kurang sekali, sebab pada umumnya perceraian dianggap sebagai suatu noda yang akibatnya berat sekali, baik bagi keluarga yang bersangkutan maupun bagi kelompoknya.
BAB III
KESIMPULAN
Pranata keluarga merupakan sistem norma dan tata cara yang diterima untuk menyesuaikan beberapa tugas penting. Keluarga berperan membina anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya di mana ia berada.
Bila semua anggota sudah mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tinggal, maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang, aman dan tenteram.
Oleh karena itu, fungsi pranata keluarga sangat penting artinya bagi kehidupan masyarakat secara luas. Karena inti keseluruhan penyesuaian diri setiap orang akan sangat ditentukan di keluarga masing-masing.
Fungsi utama pranata adalah agar jangan sampai para anggota keluarganya bertindak menyimpang dari pranata yang ada di masyarakat luas.
Minggu, 13 Februari 2011

    Mon, 17 Jan 2011


By: Vicky Wahyu
Pelajar SMAN 9 Malang
Malang
Jawa Timur

Hari ini aku berencana bersama teman-teman akan pergi ke area kolam renang. Saat semua sudah siap, aku baru bersiap-siap. Semua telah siap, sekarang hanya mencari angkot untuk pergi ke lokasi kolam renang.

Hujan

Setalah sampai di kolam renang, aku dan teman-teman hanya berjalan-jalan di daerah sekitar kolam renang sebelum masuk kedalam area kolam renang. Setelah berendam cukup lama +- 7 jam. Saat setelah puas untuk berendam, aku dan nawak-nawak pulang dengan perut lapar. Karena angkot yang ditunggu tdak datang-datang, kami memutuskan untuk berjalan kaki. Setelah berjalan agak lama, hujan turun dengan derasnya mungguyur badan dan pakaian kami. Dan kami buru-buru untuk berteduh.

“Aduh,jo… jemek kabeh iki..” Ucap Risky.

“Iyo, ngiyup sek ae jo…” Ucap Dwi dengan terburu-buru lari ke tempat teduh.

“Ayo wes…. Nang kono lo..” Ucapku berlalu sambil menunjuk sebuah tempat teduh di pinggir jalan sekitar Splindid saat semua orang sepi.

Kami berteduh disana hingga sore menyambut hari minggu itu. Tapi, hujan tak reda-reda. Kami memutuskan untuk hujan-hujanan.

Pukul 5 sore aku sampai dirumah. Aku pulang dengan baju basah dan badan pun basah.

“Tekan endi ae, Ki? kok jemek kabeh..?” Tanya kakak sambil melihat ku heran yang bersambi menggendong anaknya yg tertidur lelap di pelukannya.

“Renang,Mb… Ambek arek-arek” Jawabku sambil berjalan menuju kamar mandi disertai sedikit menggigil.

Setelah aku mandi, ku coba untuk makan sesuap nasi hangat dan secangkir kopi susu panas yang aku buat setelah mandi. Tapi, rasa sakit kepala ini mengalahkan rasa nikmat dan hangat nya makanan dan minuman ini. 1, 2, 3 suapan aku masukin ke dalam mulutku.

Setelah makan, aku rebahkan tubuhku ke tempat tidur dan berselimutkan yang hangat. Jam menunjukkan jam 18.24 .

Jam 3 pagi aku terbangun disertai dengan sakit kepala dan panas badan yang tidak berubah dengan hari yang kemaren. Aku coba tuk bangunkan Ibuk. Tapi, Ibuk hanya menyuruhku tuk tetap istirahat.

Dan saat pagi menjemputku hari ku… keadaan ku tetap tidak berubahdari hari kemaren. Ibuku memutuskan membuat surat izin untuk tidak masuk sekolah. 1, 2, 3 hari ak tidak masuk sekolah karena sakit dan dihari ketiga, aku dibawa ke dokter terdekat. Walau di hari pertama, aku sudah diperiksakan dan mendapatkan obat di puskesmas. Aku di suntik dan diberi obat. Hanya beberapa jam, keadaan ku membaik. Mungkin terkena obat suntikan itu.

Sakit kepala

Pagi nya aku memutuskan untuk masuk sekolah. Karena, keadaan ku semakin membaik. Tapi, setelah aku masuk, ternyata 1 orang temanku yang ikut renang 4hari yang lalu, masih belom masuk. Karena, alasan yang sama yaitu, SAKIT.
klikdisini

Mon, 17 Jan 2011


By: Nur Halimah
Karyawati SMAN6
Banjarmasin
Kalimantan Selatan

Hari ini,tanggal 24 juni 2007,aku memutuskan pergi ke tempat pemakaman umum untuk menengok makam temanku Vizka yang meninggal dua tahun yang lalu.Begitu mulai memasuki area itu,aku melihat makam Vizka begitu kotor,tak terawat,banyak ditumbuhi rumput liar.Kucoba mencabuti rumput itu dan membersihkannya.Beberapa do’a kupanjatkan demi keselamatan dan ketenangannya di dalam sana,tiba-tiba aku teringat kembali akan sebuah peristiwa.Peristiwa yang menyebabkan Vizka meninggal.Entahlah,hatiku sangat sedih bila aku mengingatnya,karena begitu memilukan.

Andai Waktu Bisa Kuulang

Aku masih sangat ingat,bagaimana waktu itu Vizka manyapaku ketika aku berada di depan kantor redaksi majalah Zone.”Daniela….”ucap Vizka sambil tersenyum padaku.Aku terkejut,kemudian membalas senyum padanya.Selintas,aku tidak bisa mengenalinya,karena dandanan dan model pakaiannya yang sungguh berbeda.Mirip artis.

“Apa yang kamu lakukan di sini?melamar pekerjaan?”tanyanya.

“Ah,tidak! Hanya mengirim beberapa karya tulis.Siapa tahu bisa dimuat!!”

“Kamu memang tidak berubah,dari dulu suka sekali menulis.”ucapnya dengan sedikit tertawa.

“Kamu sendiri mau kemana?”

“Ke kantor Majalah V-Girl,”

“Ada apa di sana?”tanyaku penasaran.

“Aku ada pemotretan untuk beberapa majalah,salah satunya V-Girl.”

“Wah…ceritanya kamu jadi Covergirl,ya?berarti kamu sekarang bakal jadi artis terkenal,dong…!”Vizka tertawa kecil.

“Tidak juga,sudah,ya.Aku pergi dulu.Have a nice day.!”katanya sambil beranjak pergi.

“Thanks…”Ucapku sambil melambaikan tangan padanya.Aku terus memandanginya dari kejauhan.aku merasa dia sudah banyak berubah,dari tutur kata,pakaian,sepatu,warna rambut yang selalu berubah-ubah dan ah,…aku pusing memikirkannya.Setelah beberapa menit berjalan,akhirnya aku sampai di depan kios kecil langgananku membeli Koran.

“Apa yang bagus?”tanyaku.

“Semua bagus.Tapi ini,nich,majalah yang beritanya paling up-date.”

“Sebenarnya aku lebih suka Koran daripada majalah!”

“Eits..tapi elo baca dulu yang ini”sambil menyerahkan majalah yang bergambar Vizka.Di sana tertulis Perselingkuhan Pimred V-Girl akhirnya terbongkar.”apa ini bisa kupercaya?”godaku.

“Tau,deh.Itu pendapat masing-masing orang!!”

“Berapa ini?”

“Buatmu gratis aja, lah!”

“Masak,begitu?nanti kamu rugi,dong!”

“Yee,…dikasih gratis protes,orang di mana-mana dikasih gratis mah,seneng.Ini malah protes,gimana sih?!”Ucapnya heran.

“ya,udah….Thanks,ya!”aku memutuskan untuk pulang.

Usai menjalani pemotretan,Vizka ke kamar riasnya,di sana dia biasa mengganti pakaiannya.Ketika tengah asyik membersihkan riasan mukanya.Tiba-tiba,pintu terbuka,Vizka terkejut dan gugup.ternyata Pak Alex,pimpinan majalah V-Girl.Sambil tersenyum Pak Alex menutup pintunya perlahan.”Malam ini,kamu jadi khan?jangan bilang kalo kamu udah capek dan mau langsung pulang.”.Kalau sudah seperti itu,Vizka hanya bisa menghela napas panjang,ketika ia menoleh ke pintu,ia terkejut karena rekan-rekan kerjanya tengah berdesakan mengintip dirinya dan Pak Alex di kamar rias.Pak Alex keluar dan langsung menegur mereka dengan suara keras.”Heh,Ada apa ini?kembali bekerja.Aku tidak menggaji kalian untuk ini.”ucapnya sambil bertolak dada.Sementara Vizka berjalan keluar menuju mobil Pak Alex.

“Ada apa dengan Vizka,Pak?”Tanya asistennya.

“Gak ada apa-apa,kenapa?’jawabnya dengan lancang sambil berjalan melewati yang lain yang sedang kebingungan menatapi Pak Alex.

“Kok,kayaknya akrab banget!”

“Memangnya gak boleh akrab,gitu?”

“Bukan begitu,Pak…….”

“Dengar,ya.Kalo kamu bikin gossip yang enggak-enggak,saya pecat kamu!!”Pak Alex berjalan cepat menuju mobilnya.Dua hari kemudian,di siang hari yang terik,“Kak,…Kak Daniela!’teriak Gladis di depan pintu sepulang sekolah.Aku yang sedang menonton tv jadi kaget dibuatnya.Kubuka pintu dan berkata

”Ada apa?teriak-teriak.malu didengar tetangga!!”

“Ah,Kakak.Kalo kakak liat koran ini pasti teriak juga.”ucap Gladis sambil menyodorkan Koran yang di genggamnya.Daniela mengambilnya dan membacanya.Trenyata usahanya selama ini tidak sia-sia .Tertulis jelas di sana sehalaman cerpen yang berjudul Di Antara Mimipi oleh : Resvy Daniela.Daniela tersenyum.

“Ya,khan?itu cerpen kakak,khan?hmm….. dalam hati pasti teriak juga,bahkan mungkin lebih kenceng dari aku!!”ucap Gladis sembari berjalan menuju kamarnya.Dalam hati,Daniela bersorak girang,senyum bahagianya terus mengembang di bibirnya.

Keesokan harinya,seusai dari mengambil honor dari rekeningnya ,ia memutuskan ke redaksi majalah V-Girl .Di sana ia melihat beberapa gadis cantik yang sedang berlenggak-lenggok di depan camera seorang juru foto dengan pakaian yang sangat minim dan mewah.Kemudian ia mengalihkan pandangannya ke ruang pengetikan ,ia menemui Bang Ayub yang tengah sibuk mendokumentasikan beberapa berkas.

“Bang Ayub.!”

“Eh,elo, apa kabar?”

“Baek,Bang…!Bang,modelnya Cuma tiga?apa nggak sedikit,tuh?”ucap Daniela melirik kearah para model

“Terus mau loe ape?”

“Aku bisa kok,nambahin!”ucap Danieal spontan dengan mata berbinar.Ayub menatap Daniela

“Ah,loe nggak usah ikut-ikutan.”

“Emang kenapa?aku kurang pantas,gitu?”ujar nya heran

“Ini bukan masalah pantes atau gak pantes,la!klo elo pengen jadi model,mending pikir-pikir dulu,deh!”

“Kenapa?Abang bikin penasaran aja,dech!”Ayub melihat ke arah sekelililngnya dan memperkecil volume suaranya,takut kalau ada orang lain mendengar,kemudian berkata

“La,jadi model tuh,banyak troublenya.Para model di sini banyak menempuh jalan yang gak bener.”

“maksudnya?”

“Mereke semua pada udah teken kontrak sama Pak Alex. Mereka nih,punya kontrak lima bulan.Selama itu mereka harus bekerja di siang hari dan malamnya harus mau ditidurin sama Pak Alex tanpa libur,serem gak,tuh?gue aja,gak enak ngomongnya.”jelas Ayub.

“Masak,sih,Bang?”

“Beneran!”Daniela terdiam.Ia hampir tak percaya dengan apa yang baru saja ia dengar.

“ Salah satunya,Vizka.dia sering banget jalan sama Pak Alex.”

“Vizka?”Daniela kaget.

“Elo kenal?”

“Dia temen waktu SMAku dulu.Aku juga curiga,sih,tapi perlu bukti yang kuat sebelum menyatakan ini benar.”

“La,gue ini udah lama kerja di sini jadi gue udah tau semua seluk-beluknya.dan lagi gue lihat sendiri apa yang udah gue bilang ke elo tadi.Elo masih gak percaya?”

“tapi,gak semua yang kita lihat itu benar,Bang!”Ayub menghela napas panjang.

“Terserah elo aja,dah.Elo emang keras kepala,gue gak bisa bisa memaksakan kalo elo gak mau percaya.”Ayub merasa tidak senang karena tidak berhasil membuat Daniela percaya.Daniela tahu itu.Ia memutuskan pergi untuk mampir ke kafe temannya.Sementara itu,Vizka yang sudah lebih dulu sampai di tempat itu,tengah duduk sendiri sambil melamun.Ia memilih duduk dekat jendela agar bisa melihat pemandangan sekitar kafe yang dekat dengan jalan raya itu.

Tiba-tiba suara Daniela mengagetkannya.Membuatnya terjaga dari lamunannya.

“Hai..”ucap Daniela sambil menuju ke arah Vizka duduk.Vizka terkejut dan menegakkan badannya.

“Boleh aku duduk?”ujarnya lagi sambil melirik ke arah kursi kosong yang ada tepat disebelah Vizka.

“Of course.”

“Kenapa di sini?bukannya hari ini kau ada pemotretan?”kata Daniela setelah mendaratkan badannya ke kursi itu.

“Darimana kamu tahu?”

“Tadi aku ke sana.Lalu ke sini.Sambil beli majalah ini!” .Daniela meletakkan sebuah majalah dari dalam tasnya ke atas meja dan memperlihatkannya kea rah Vizka.Di sana ada gossip tentang Vizka.Dengan wajah sendu,ia menatap majalah itu kemudian menatap tajam ke arah Daniela.

“Apa berita itu benar?”Tanya Daniela.

“Kamu pasti sudah tahu jawabannya!”jawab Vizka acuh,kemudian mengusap wajah dan rambutnya yang berantakan.

“Jadi,semua ini benar?”Tanya nya lagi seperti menginterogasi.Vizka hanya diam,menarik nafas panjang.

“Vizka,kenapa kau melakukan itu?”

“Sangat mudah bagimu untuk menanyakan ini padaku.I have no the choose,it’s so hard for me….”teriak nya,sesaat kemudian ia menangis.

“Aku takkan bertanya banyak padamu.Aku hanya ingin bilang kau harus berfikir ulang tentang pekerjaanmu.Jangan sampai kariermu hancur hanya karena kau salah jalan.”

“Karierku memang sudah hancur.Dan aku tidak peduli lagi tentang itu.Ini semua karena dia….dia sudah menghancurkan hidupku.Aku tertekan,dan aku terjebak…….!”

“Sebelum semua ini terjadi,dia lebih dulu menodaiku,dan dia mengancam,kalo aku melapor polisi dia akan memecatku dan membunuhku.Sebagai wanita biasa,aku tak punya pilihan.”

“Kenapa kau tidak mencoba keluar dari pekerjaanmu?”Vizka memandang Daniela dengan penuh kesedihan.

“Aku tak punya pilihan.Aku Cuma hidup sendiri di sini.Aku kabur dari rumah orang tuaku di Bandung”

“Kalau begitu,aku akan membantumu.”

“Bagaimana caranya,?”

“Begini saja,apa kau punya rencana penyelesaian atas masalahmu ini?”Vizka hanya menggelengkan kepala.Daniela meneruskan kata-katanya

“Kau punya kesempatan untuk melaporkannya ke polisi”

“Untuk kasus pemerkosaan itu?itu sudah lama,Daniela! Semua bukti telah hilang.Dan polisi pun tak percaya dengan apa yang ku katakan.”Daniela terdiam sambil berfikir.

“Orangtuaku di Bandung mungkin tidak akan mau menerimaku lagi.”lanjut Vizka.

“Tidak mungkin.Aku tahu bagaimana orang tuamu,mereka semua menyayangimu!”

“Tidak.Aku tidak mau ke sana.Aku tidak mau menyeret mereka kemasalah ku....”

Tiba-tiba handphone Vizka berdering,ia langsung mengangkatnya.

“Hallo…kamu kemana saja?”Tanya Pak Alex dari telpon.Vizka hanya diam tak menjawab.Dengan wajah menahan amarah,ia melirik kearah Daniela yang dari tadi memandanginya.Vizka ingin Daniela tahu bahwa ia benar-benar tak suka bicara dengan Pak Alex.

“Vizka ?kamu masih di sana?”

“Ya.”jawab Vizka malas.

“kenapa kau tidak menjawab pertanyaanku?aku jadi makin heran dengan perubahan sikapmu,sepertinya kamu sudah bosan bekerja padaku….”belum selesai Pak Alex bicara,Vizka langsung memotongnya.

“Aku memang sudah tidak bisa lagi bekerja padamu.Bekerja denganmu membuat reputasiku hancur!!””ujarnya dengan penuh emosi,sepertinya kata-kata itulah yang ingin ia ungkapkan dari dulu.

“Reputasi?”Pak Alex tertawa.

“Apa pentingnya sebuah reputasi untukmu?kau bekerja padaku untuk mencari uang bukan mencari reputasi,khan?”ucapnya lagi sambil mengejek.Hati Vizka makin membara.

“Dengar,ya ,aku tidak butuh uangmu.Dan aku bisa pastikan kalau aku bisa hidup tanpa uangmu.Kau tau semenjak aku bekerja padamu,hidupku hancur,penuh gossip.Mustahil kalau kau tidak tahu itu,di surat kabar ,di majalah semua tertulis namaku.!!”

“Itu khan resikomu,semua pekerjaan punya resiko masing-masing”katanya enteng.

“rupanya kau tidak pernah membaca Koran,ya?di situ juga ada namamu,aku tidak mau tahu,aku mau berhenti saat ini juga.Kalau kau meremehkan hal ini,berarti kau bodoh.!!”ucapnya pedas sambil menutup handphone dengan keras.Lalu ia menatap Daniaela dengan tatapan yang menunjukkan seolah malu dengan percakapan yang baru ia lakukan dengan Pak Alex tadi.Daniela tersenyum,ia paham dengan apa yang baru saja dialami temannya itu.

“Maaf,Daniela…itu tadi dari dia yang menelpon.Aku pulang dulu,ya.Terima kasih sudah mau mengobrol denganku.”Vizka berdiri dari hadapan Daniela,dan pergi begitu saja.Daniela hanya terdiam sambil memandangi Vizka dari kejauhan.

Malam telah menunjukkan pukul sepuluh,Vizka masih di perjalanan ,setela naik kereta dia memutuskan untuk berjalan kaki.Di tengah perjalanan,ia mobil sedan hitam berjalan pelan di belekengnya.Vizka menoleh sebentar ke belakang,ia tahu itu mobil siapa dan dia tidak perduli.Klakson mobil teus menerus ke arah mobil yang perlahan berjalan ke sampingnya.Dari dalam mobil Pak Alex menurunkan kaca mobilnya dan berkata di bunyikan.Vizka menghentikan langkahnya.menatap ke arah mobil yangperlahan berjalan ke sampingnya.

“Vizka,kau masih ingat,khan kalau kau tidak bisa berhenti begitu saja karena kau terikat kontrak dengan ku.”Vizka hanya diam.

“Atau kalau kau mau,aku bisa saja membawa masalah ini ke meja hijau.”

“Kau ingin membawaku ke pengadilan?apa kau lupa siapa yang sebenarnya bersalah lebih dulu?ha..?“

“Siapa?”

“kau benar-benar gila,ya,Alex?kalau kau memang lupa ok…akan kuingatkan,bahwa kau adalah orang yang menghamiliku dan kau yang menyuruhku menggugurkan bayi itu.Sekarang kau ingat?”ucap Vzka berteriak.Alex keluar dari mobilnya.ia mulai khawatir dengan suara Vizka yang keras.

“Kita bicara saja di mobil.”sambil menarik tangan Vizka.Vizka menepisnya

“Tidak.Biar semua orang tahu,siapa kau yang sebenarnya!”.Tangan Alex langsung melayang ke pipi kiri Vizka.Ia menamparnya,dan VIzka membalasnya.

“Kau berani menamparku?kau bukan siapa-siapaku!”langsung pergi mencegat taksi.

Semenjak hari itu,Daniela jarang bertemu Vizka hingga akhirnya ia pergi ke rumah nya,dan mendapati Vizka telah meringkuk tak bernyawa sambil memegangi tangannya yang hampir putus karena ia potong.Daniela menangis ,itu adalahhal terburuk yang pernah ia lihat. Di sampingnya ada sepucuk kertas berisi curahan hati Vizka.Surat itu di lumuri oleh darah yang keluar dari tangannya.

Aku sakit hati,aku tidak tahu lagi harus berbuat apa?.Aku ingin menyelesaikan problemku sendiri,tapi aku,aku begitu lemah,aku tidak bisa.aku sangat menyesal telah bekerja dengan si brengsek itu.Andai waktu bisa kuulang,aku tidak mau kabur dari rumah,andai waktu bisa kuulang aku tidak akan memilih untuk bekerja sebagai model.Andai waktu bisa dkuulang aku tidak mau bertengkar dengan orangtuaku.Maafkan aku.

Majalah Zone

Daniela terjaga dari lamunannya,setelah rintik hujan turun membasahi tubuhnya.Ia segera berlari meninggalkan area pemakaman itu untuk mencari tempat berteduh.Sambil hal terburuk yang pernah ia berlari,sesekali ia menoleh ke arah pemakaman Vizka.Sesosok wanita berpakaian putih dengan rambut tergerai berdiri di samping makam Vizka. Daniela terkejut,lantas ia menghentikan langkahnya dan membiarkan tubuhnya basah disiram hujan.Daniela kenal wajah itu.Ia terus memandanginya.Mungkinkah itu arwah Vizka yang hadir untuk menampakkan diri?atau hanya halusinasiku saja?’ucap Daniela dalam hati.Tiba-tiba wanita itu menghilang.

Buscar

Memuat...

About Me

SIKAP Q

Semakin lama saya hidup, semakin saya sadar
Akan pengaruh sikap dalam kehidupan

Sikap lebih penting daripada ilmu,
daripada uang, daripada kesempatan,
daripada kegagalan, daripada keberhasilan,
daripada apapun yang mungkin dikatakan
atau dilakukan seseorang.

Sikap lebih penting
daripada penampilan, karunia, atau keahlian.
Hal yang paling menakjubkan adalah
Kita memiliki pilihan untuk menghasilkan
sikap yang kita miliki pada hari itu.

Kita tidak dapat mengubah masa lalu
Kita tidak dapat mengubah tingkah laku orang
Kita tidak dapat mengubah apa yang pasti terjadi

Satu hal yang dapat kita ubah
adalah satu hal yang dapat kita kontrol,
dan itu adalah sikap kita.

Saya semakin yakin bahwa hidup adalah
10 persen dari apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita,
dan 90 persen adalah bagaimana sikap kita menghadapinya.

agGief

agGief
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

"El1f aeW"

WELCOME TO LOVE MY BLOG

reeeZa

reeeZa

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget

Sigueme en Twitter